Alat tulis
kantor biasa disebut orang dengan ATK yang digunakan untuk keperluan di dalam
kantor. ATK tersebut biasanya digunakan untuk merujuk barang yang dijual oleh
toko khusus yang sering disebut dengan stationary. Jenis toko tersebut biasanya
terletak di dekat sekolah, universitas, dan juga tempat lainnya yang
membutuhkan beragam ATK untuk menunjang keperluan di dalam tempat tersebut. ATK
identik dengan barang-barang tulis seperti pulpen, buku, kertas, penggaris, dan
lainnya. Akan tetapi sebenarnya ATK ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis
tertentu sesuai dengan fungsi alat yang digunakan dalam kantor. Untuk
jenis-jenis ATK sendiri dapat dibedakan menjadi lima dengan kategori seperti
berikut ini:
1.Kategori
alat tulis
Merupakan
jenis pertama dari ATK yang digunakan untuk kebutuhan tulis menulis. Ada banyak
alat yang tersedia dari jenis ini seperti misalnya pulpen atau pena, pensil,
spidol, stabilo, penggaris, penghapus, dan juga rautan. Semua hal tersebut
berhubungan dengan tulis menulis sehingga termasuk dalam kategori alat yang
bisa digunakan untuk keperluan tulis menulis di dalam kantor. Beragam alat
tersebut mempunyai fungsi yang vital karena berhubungan dengan pekerjaan kantor
sehari-hari terutama untuk mencatat hal-hal penting dan juga guna keperluan
lainnya.
2. Kategori
kertas
Kertas
merupakan barang yang harus ada dalam kantor karena mempunyai fungsi sebagai
bahan cetak untuk dokumen, surat, perjanjian, laporan, dan berbagai macam hal
lainnya. Kertas yang digunakan sebagai alat tulis kantor sendiri bermacam-macam
dari kertas HVS biasa berbagai ukuran, kertas foto, kertas print, kertas fax,
kertas continuous form, dan macam kertas lainnya yang bisa untuk digunakan di
kantor sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itulah
kertas sangat dibutuhkan di dalam kantor dalam membuat pekerjaan menjadi lebih
efektif dan efisien.
3. Kategori buku
Adalah jenis
kertas yang telah disusun menjadi satu dan mempunyai banyak jenis yang bisa
untuk dipilih dan digunakan sebagai penunjang pekerjaan kantor. Ada banyak
jenis buku yang bisa untuk digunakan dan disediakan di dalam kantor seperti
buku tanda terima tamu, buku kwitansi, buku tulis biasa, buku kas, buku folio,
buku nota, buku surat jalan, hingga jenis buku ekspedisi. Semua jenis buku
tersebut tentunya mempunyai kegunaan dan fungsi masing-masing yang dibutuhkan
di dalam kantor. Misalnya buku kwitansi digunakan untuk bukti pembayaran dan ketika telah menerima uang dari
seseorang atau buku surat jalan untuk suatu keperluan perjalanan dinas untuk
karyawan.
4. Kategori
file organizer
Merupakan
alat kantor yang berfungsi sebagai pengelola atau wadah untuk file-file yang
ada di dalam kantor. Jenis ini dibutuhkan agar membuat file di kantor menjadi
lebih rapi dan tertata sehingga tidak terlihat berantakan. Untuk jenis yang
termasuk dalam file organizer ada alat seperti business file, box file, ordner,
binder clip, rak susu surat, expanding file, box untuk kartu nama dan macam
jenis lainnya.
5. Kategori
peralatan umum
Adalah jenis
terakhir yang termasuk dalam alat tulis kantor yang sifatnya umum. Jenis untuk
alat kantor ini adalah beragam alat yang ada dan digunakan dalam kantor dan
juga tempat-tempat lainnya. Seperti misalnya stapler, perforator, cutter,
stempel, kalkulator, bak stempel, dan juga termasuk alat lain yang mempunyai
fungsi untuk menunjang pekerjaan kantor lebih efisien dibandingkan dengan
tangan. Untuk peralatan kantor selain ATK sendiri yang dibutuhkan adalah mesin
dan juga perabot kantor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar